charger hp di motor

icrangkaian

hehe saat perjalanan jauh tiba-tiba hp lowbatt gimana?,kalau masih ramai penduduk sih gampang,tinggal numpang nge-charge di warung sekalian ngopi atau di masjid.
lha kalau jauh dari rumah penduduk,misal lg touring atau mudik?
repot kan.
jalan satu-satunya ya pasang charger di motor.
caranya siapin dulu:
1.ic7805
2.kabel socket sesuai tipe hp anda
3.solder+timah

sambungkan kaki IC nomer 1 ke kutub positif accu(aki).
kaki IC nomer 2 disambungkan ke kutub negatif accu(aki) dan kabel charger negatif(warna hitam)
kaki IC nomer3 sambungkan ke kaber charger positif(warna merah).
hehe jadi dech,gampangkan?
colok dan indikator charging di hp pun jalan.

note:7805 adalah ic yg meregulasi tegangan ke 5volt,inputnya harus di atas 5 volt.jadi tegangan accu motor 12volt jadi 5volt dgn arus 600-800mA.
mudah di dapat di toko elektronik.
Info: 78Lxx,78Mxx,atau 78Sxx.
L-max current out 0,1A
M-max current out 0,5A
S-max current out 2A

Iklan

47 thoughts on “charger hp di motor

  1. Dani Ramadian 26 April 2011 — 07:41

    Kalo aq…
    Tidak sekedar untuk charge hp bro kalau aq,
    Bahkan selalu ON untuk “ngidupin” GPS
    selama touring…
    🙂

    Suka

    1. siip bro,,,maklum gak punya gps,cuma ngandelin google maps

      Suka

  2. ide ny mantab bro…salam kenal
    btw bs di aplikasikan ke semua tipe motor kan…

    Suka

    1. bisa banget bro,mudah dan simple.
      lebih enak pake capit buaya jadi bisa di lepas kalau gak di pakai.

      lam kenal balik mzbro.makasih jg dah mampir di warung kecil ini

      Suka

    1. gak nyampe 10 ribu.
      kabel tinggal pake charger bekas,ambil kabelnya doank.
      solder dan timah bisa minjem temen.
      IC 7805 cuma 4000rp

      Suka

  3. wah, murah ya.. niat_bisnis.com :mrgreen:

    Suka

    1. hahaha murah meriah tp ada manfaatnya..

      Suka

  4. pake transistor sekalian biar awet

    Suka

  5. cakep

    Suka

  6. Ada pengaruh ke aki nggak om?apalagi vixi yg injeksi..ngeri deh klo akinya kena..

    Suka

    1. ngambilnya sehabis fuse/sekring.
      aman kok,dijamin.
      lampu utama yang 35w aja kuat,masak ini yg watt nya gak lebih dari lampu sein gak kuat. njeh mboten.!

      Suka

  7. padahal aku nyoba sama persis yang di paparkan di atas.tapi pas di coba, ko malah bar indikasi pengisian barte di hape ku nggak jalan sama sekali ya bro..??

    apa munkin kendalanya karena amper terlalu besar?

    mohon petunjuknya

    Suka

  8. Di cek dulu tegangan outputnya pake voltmeter,normalnya 4,5-5,5volt..
    Kalau kurang indikator hp gak jalan,kalau lebih batre cpt rusak(gelembung). Ganti aja ic 7805

    Suka

  9. Wow, thx mas sharenya.
    cuman, karena saya gak ngerti elektronika, mau tanya nentuin yg mana kaki 1-2-3 dari IC nya gimana?

    trus mas, saya juga pingin ngecharge batre kamera spek 7.4v 1390mAh lewat aki motor.
    klo saya liat charge-nya spek output 8.4v DC 1.2A, apakah bisa dengan rangkaian sama diatas atau perlu ada perubahan?

    tolong infonya mas, makasih.

    Suka

  10. Kakinya sudah urut 1(kiri),2(tengah),3(kanan).

    Jika ingin 8 volt,itu ic nya di ganti yang ic7808.

    Suka

    1. Berhubung mintanya di atas 1A maka rangkaian perlu tambahan transistor(d313 atau tip31).cz keluaran dari ic cuma 0,5-0,7A.
      Ini pictnya

      Suka

  11. makasih banyak mas,….
    tapi lagi2 saya ndak nderti cara deteksi nomor kaki transistor D313nya mas…
    karena dari skemanya belum ada penomorannya.

    semoga berkenan memberikan pencerahan lagi 🙂
    makasih..

    Suka

  12. nanya lagi boleh ya mas 🙂
    skema diatas : https://wahyuvixi.files.wordpress.com/2011/04/7805.gif

    itu elco-nya bukan yg ada kutub positif-negatif khan?
    jadi waktu beli cukup bilang 100uf, gitu aja ya?

    ini lagi ngerakit tapi tiba2 ragu jangan2 yg saya beli salah karena yg saya beli gak ada kutub + dan – nya.

    Suka

  13. Itu bukan elco mas,tp kapasitor biasa,dan itu jg bukan mikrofarad tp nanofarad,dan memang gak ada kutub positif/negatifnya.
    Oh iya,mas ngambil inputnya darimana?

    Suka

  14. mas…nek sambil jalan bisa gak…ato tegangan.nya bertambah…
    ngerusakin hp ga??

    Suka

    1. Bisa bro.
      Tegangan naik turung gak ngaruh bro,kan pake ic regulator

      Suka

  15. bos foto yang uda jadi bos biar bisa lebih paham.hehehe. maklum newbieee.,,,

    Suka

  16. absen…..lgsg tilek…
    kopdar tanpa suguhan…. 🙂

    Suka

  17. gan kok di hpku nokia g mau ngisi ya? klo tak colokin ada peringatan ” tidak mengisi”? mohon

    Suka

    1. Cek tegangangan output dulu gan

      Suka

  18. mohon dibantu maksudnya gan… hehehe…

    Suka

  19. udah gan keluarannya 5 volt gan….

    Suka

    1. Perkabelan sudah oke?
      Coz di hp sonerku sukses

      Suka

  20. udah gan tapi ko g bisa y? oh ya gan ap pengaruh kapasitornya aku pake milar…

    Suka

  21. ow iya gan di atas ada coment pake diode 1A, pake penyearah jg y? untuk diodanya dirangkai dimn?

    Suka

    1. Sebelum masuk ke IC.
      Fungsi sbg pengaman saja

      Suka

  22. mas kapasitor 100nano fara kan susah nyari’ nya kalau nggak pake kapasitor nggak apa apa ya????

    Suka

  23. mas saya udah nyoba tapi tanpa kapasitor. kok ic 7805 nya panas banget padahal hanya beberapa detik. tolong saran nya

    Suka

  24. gak pake jg gak papa mas,
    cek kabel yg ke hp,ada yg short gak.
    cz punya saya gak panas

    Suka

    1. ok makasih mas…..

      Suka

  25. mas,,kalo buat ngecash speaker pengaruh ga di motor,,aku kan make speaker yg cas,,tapi batrenya boros bgt,,makanya sekalian jalan,sekalian ngecash,

    Suka

    1. speaker berapa watt?
      voltase nya berapa?

      Suka

  26. Nichoz Ahmad 29 Juni 2012 — 07:43

    saya pernah bikin mas bro,,, tpi g ngisi,,, cma ngidupin hp doang,,, klo colokan d lepas hp low bet lagi,,, pdahal dah lama ngeces,,, saya modifikasi dg menambah transistor utuk mempertahankan arus ,tetep ga jadi,,, saya paralel ic 7805 nya masih tetep g jadi,,, yoes akhirnya saya beli yg sudah jadi,,, di pasang di motor,,, langsung ok,,, http://chozinahmad.wordpress.com/2012/06/08/memasang-charger-hp-di-motor/

    btw yang ini sudah dipraktek kan kah??? karena sya dh mempraktekkan sendiri tpi ga jadi…

    Suka

  27. awas kebalik kutub + – , bisa meledak pas ngcas…

    Suka

  28. Saya sudah coba, pada hp nokia yang colokan nya kecil (5200, 5300 dll.) sih ok. Tapi kenapa pas d coba pada hp nokia yang colokan nya besar (3230, 7610 dll.) malah ada peringatan “tidak mengisi”. Kenapa tuh mas…?

    Suka

bagaimana dengan tanggapan anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close