Mesin,premium,dan pertamax ?

27 Januari 2012 at 01:00 38 komentar

judul gambar
Yups,saya sering melihat,membaca di berbagai forum maupun blog yang ‘perang’ pendapat antara kompresi mesin vs nilai oktan bahan bakar. Apa mesin berkompresi tinggi harus minum pertamax? Apa mesin berkompresi rendah cukup premium?
Menurut hemat saya sih iya. Tp bagaimana dengan orang yang tinggal di daerah yang tidak ada pertamax[+] ? premium saja harus ngantri 5 jam sedang motornya berkompresi tinggi?
Oke,mari kita bahas sesuai kemampuan dengkul saya. Kita bahas dulu tentang molekul utama yang terkandung dalam bensin,oktana dan heptana.
oktana mampu ditekan/kompresi sampai voleme kecil tanpa terjadi pembakaran spontan, sedang heptana bisa terjadi pembakaran spontan dengan tekanan rendah. Contoh pada premium yang memiliki nilai oktan RON88 berarti mengandung 88%oktana dan 12%heptana, petamax92 berarti mengandung 92%oktana dan 8%heptana.
Nah dari sini saja kita sudah bisa simpulkan apakah mesin berkompresi tinggi memakai pertamax. Mesin berkompresi tinggi jika di kasih bensin beroktan rendah bisa terjadi knocking(orang sering bilang detonasi) yaitu campuran bensin dan udara sudah terbakar spontan karena tekanan bukan karena percikan api dari busi. Akibatnya mesinya jadi cepet rusak. Trus apa gak bisa di akali? Tentu bisa,salah satunya dgn mengatur pengapian. Dan berhubung saya bukan orang mesin saya gak bisa menjelaskan tentang pengapian,tanyakan pada ahli mesin hehe.
Oh iya,kondisi bensin tiap daerah juga berbeda,saya beli pertamax di tangerang warnanya hijau tua sedang saat di jogja warnanya hijau muda,saya kurang tahu kok bisa begitu.


Dikirim menggunakan telepon selular Sony Ericsson

Entry filed under: OTOMOTIF, technical. Tags: , , , , , , , , .

Ducati GP12 karel abraham bisa tembus 360kpj,bagaimana dengan valentino rossi? Ini bisa merusak konsentrasi pengendara

38 Komentar Add your own

bagaimana dengan tanggapan anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


find me on facebook

BMW on facebook

follow me on twitter

twits

  • XL 4G butuh 18menit buat loading facebook #xl hebat, kurang sabar gimana coba :)wahyu 2 months ago
  • Susu dan gula hanya merusak rasa kopiwahyu 2 months ago

Paguyuban blogger jogja

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Yang sudah mampir


%d blogger menyukai ini: