Mesin,premium,dan pertamax ?

judul gambar
Yups,saya sering melihat,membaca di berbagai forum maupun blog yang ‘perang’ pendapat antara kompresi mesin vs nilai oktan bahan bakar. Apa mesin berkompresi tinggi harus minum pertamax? Apa mesin berkompresi rendah cukup premium?
Menurut hemat saya sih iya. Tp bagaimana dengan orang yang tinggal di daerah yang tidak ada pertamax[+] ? premium saja harus ngantri 5 jam sedang motornya berkompresi tinggi?
Oke,mari kita bahas sesuai kemampuan dengkul saya. Kita bahas dulu tentang molekul utama yang terkandung dalam bensin,oktana dan heptana.
oktana mampu ditekan/kompresi sampai voleme kecil tanpa terjadi pembakaran spontan, sedang heptana bisa terjadi pembakaran spontan dengan tekanan rendah. Contoh pada premium yang memiliki nilai oktan RON88 berarti mengandung 88%oktana dan 12%heptana, petamax92 berarti mengandung 92%oktana dan 8%heptana.
Nah dari sini saja kita sudah bisa simpulkan apakah mesin berkompresi tinggi memakai pertamax. Mesin berkompresi tinggi jika di kasih bensin beroktan rendah bisa terjadi knocking(orang sering bilang detonasi) yaitu campuran bensin dan udara sudah terbakar spontan karena tekanan bukan karena percikan api dari busi. Akibatnya mesinya jadi cepet rusak. Trus apa gak bisa di akali? Tentu bisa,salah satunya dgn mengatur pengapian. Dan berhubung saya bukan orang mesin saya gak bisa menjelaskan tentang pengapian,tanyakan pada ahli mesin hehe.
Oh iya,kondisi bensin tiap daerah juga berbeda,saya beli pertamax di tangerang warnanya hijau tua sedang saat di jogja warnanya hijau muda,saya kurang tahu kok bisa begitu.


Dikirim menggunakan telepon selular Sony Ericsson

Iklan

Penulis: VIVIO

yo koyo ngene enenge

38 thoughts on “Mesin,premium,dan pertamax ?”

  1. Premium saja. Si JMX tunggangan ane dulu udah 3 tahun minum premium ngga ada tuh keluhan kaya yang disebutkan. Lagian kalau seher rusak, garansiin aja ke beres, kan garansi 5 tahun 😀

    Suka

  2. Knocking (detonasi) untuk ron 88 itu untuk kondisi mesin tertentu Mas Bro, misal akselerasi mendadak pada rpm rendah
    Lha itu, nyang pake VVTi malah udah ada sensor anti knocking.
    Premium…hajjjaaaaarrrrr

    Suka

  3. tapi ngaruh juga sih ya, pas masih inreyen ngisi pertamax mulu, pas udah lewat 1000 dah , langsung isi premium, sekarang mesin rada nembak nembak ..

    Suka

bagaimana dengan tanggapan anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s