Trik kencangkan komstir vixion oblag agar awet

vixion new
Wealah,ternyata ngencengin komstir vixion itu ada rahasianya to. Saya juga baru tahu. Bagi pembaca yang sudah tahu abaikan saja.
Kejadianya 3 minggu’an yang lalu,seperti biasa tiap pulang kerja nongkrong dulu di bengkel tempat temen saya kerja. Baru 10menitan nongkrong,se ekor vixion maroon datang. Doi ngeluh komstir oblagh lagi,padahal 3 hari sebelumnya sudah di kencengin mekanik di be-res yamaha. Temenku(mekanik) itu langsung buka baut tengah(kunci17) di segitiga atas dan di ketok(ngencengin) setelan komstirnya nyampe gak oblak lagi tp kemudinya agak berat. Kebanyakan mekanik menganggapnya itu hal biasa.
Pas lg mau di test jalan sebuah mobil avanza datang,rupanya bos besar pemilik bengkel datang,nganterin part kebutuhan bengkel(biasanya datang sebulan sekali). ‘Kenapa vixionnya?’ basa-basi si bos. ‘ini komstir oblag,udah dikencengin mau di coba dulu’ celetuk temenku. ‘itu baut L6(baut pengikat shock) td dikendorin dulu gak?’
‘Biasanya gak perlu di kendorin bos!’
‘kamu salaah,harusnya di kendorin dulu,kalo gak di kendorin komstirnya malah tambah parah!’.
vixion new

Si bos yang masih pake kemeja rapi itu pun turun tangan.
Baut tengah segita atas di buka lagi,baut L6 pengikat shock depan segitiga atas jg di kendorin. Komstirnya di kencengin lg sama semua baut tadi juga di kencengin lg.
Wow,sudah gak oblag,kemudi enteng dan terlihat segitiga atas turun nol koma sekian milimeter(kelihatan dari bekas jepitan segitiga ke shock).
Teorinya si bos : ‘kalo mau ngencengin komstir,kendorin dulu semua baut yg ada di segitiga atas,karena saat komstir di kencengin segitiga jg akan ikut turun”.
vixion new
Dak trik ini saya terapkan di vixi jg,dan sudah 3 minggu msh anteng aza,biasanya habis di kencengin 1minggu udah krasa oblag lg.

Maaf tulisan agak kacau,susyah njelasin tanpa gambar,yang kurang jelas silakan isi kolom komentar.


Dikirim menggunakan telepon selular Sony Ericsson

97 tanggapan untuk “Trik kencangkan komstir vixion oblag agar awet

  1. wew boleh di coba nie

    Suka

      1. komstir qu udah ngx bza d stell lg mz bro,klo beli harganya brapa,,,

        Suka

      2. iya berapa ya komstir baru? kl ganti lahernya aja bs gk yah

        Suka

  2. ajib nih tipsnya..boleh dicob ntr kl mau setting komstir oblak..
    nice artikel 😀

    Suka

  3. nice info bro… Bagi para oblager 🙂

    Suka

    1. Jika morkum pengikatny patah ada pengaruh negative sama stang gk brow..?

      Suka

  4. makasih masbro..wahh..bru tau tips ini..sgera d coba…

    Suka

  5. udah terlanjur mesen part komstirnya om 😦
    nitip jemuran yah om 😀

    http://vixigraphy.wordpress.com/2012/04/02/review-helm/

    Suka

    1. hehe kalo udah parah mending ganti.
      bisa di share ke temen yg lg oblag

      Suka

  6. joss pak, nice share.
    Sangat bermanfaat.

    Suka

  7. aku wis mudeng

    #pura2…sing duwe warung ben seneng!

    Suka

  8. bisa buat semua motor ndak ya triknya?

    Suka

    1. kayaknya bisa utk semua motor batangan

      Suka

  9. bro wahyu,
    gejala komstir mau oblag yg bgmana ?
    thx

    Suka

    1. kalo lg ngerem depan atau poldur stang kerasa ‘cekluk’

      Suka

  10. Rakjat ketjil 3 April 2012 — 07:02

    Wkwkwk
    oblag itu dianggap biasa tapi gmana dgn ATPM,a? Besok besok apaan yah? Pasti dianggap biasa.

    Suka

  11. lumayan buat terapi penyakit turunan si vixi! 😆 nice share masbro 😀

    Suka

    1. wkwkwkwk :mrgreen: penyakit kok di turunkan

      Suka

  12. baut yang bagian yng megang shockbreaker itu ya?

    Suka

    1. iyo,yg bukanya pake kunci L6(hexa)

      Suka

  13. kalo ada gambarnya bro..
    thx

    Suka

    1. lg gak dapet pinjeman kamera bro.
      wil bi apdet kalo udah ada pict

      Suka

  14. ajib.. ilmu baru yang tak terduga..

    Suka

  15. ni penyakit, berlaku buat vixi taon brp bro?

    Suka

      1. benul tuh..vixy sy blm ada setahun udah oblag

        Suka

  16. sip..
    Belum punya vixion

    Suka

    1. jangan yg 150,minim ya 250

      Suka

  17. ninja turtle 3 April 2012 — 14:01

    wah,,ni baru ok..mksh mz bro..sering2 ksh berita kyk gini mz bro..

    Suka

  18. nais inpo

    Suka

  19. ilmu baru yg bisa diterapkan di semua motor nih…

    good job, bro..

    Suka

  20. MANTABzz#ABAIKAN SAJA# 😀 😀

    PISS..

    Suka

  21. wah ada penemuan baru nih…trik yg ajibbb

    Suka

  22. kalo ngencengin komstirnya cewe gimana paklik..? :mrgreen:

    Suka

  23. Nais sare..tp tambahin gambar dong, biar orang awam kyak ane tau..hehe

    Suka

  24. makasih gan….
    ane coba langsung…
    kebetulan komstir ane jg oblak..

    Suka

  25. penggemar ninja 3 Mei 2012 — 15:20

    ganti aja material washer platenya yg ditengah jadi besi, jadi ngak oblak lagi, oblak karena materialnya karet, jadi lama2 jadi getas, maka nya longgar..

    cuman saran aja..:)

    Suka

  26. sudah dipraktekkan brusan. Mkasi mas. Ane biasanya 3 dr beres, trus oblak

    Suka

  27. Nice gan, vixion ane jg sering masalah neh sudah berulang dibenarin tp masih gak beres2. ane akan cb tips ini gan. thanks.

    Suka

  28. Gan kasih ulasan dong , pengganti komstir vixion bisa pakai komstri merk honda tidak y? sy denger lebih awet y?

    Suka

    1. dari honda kayaknya gak ada yg cocok,sesama yamaha aja gak pnp

      Suka

  29. Oh begitu ya.. trus ketahanan ori gmn ya mas, klo pemakaian standar aja.. thx

    Suka

  30. yg sparepart ori belum nyoba gan. vixi ane blm pernah ganti,masih aman dgn ritual di atas.
    tp temen pake yg kw[150rb’an] udah 6 bln msh anteng aja

    Suka

    1. wah thanks gan, kynya ane mau coba yg kw aja dh thx pencerahaanya…

      Suka

  31. sangat berguna, utamanya buat semua motor tope sport, thanks bro

    Suka

  32. nah gtu dong,,bagi2 ilmu.gw suka itu

    Suka

  33. oot ya gan dari topik 😀 itu warna cat velgnya kereeen, ane waktu itu minta dicat warna biru yg sesuai sm skotlet eh malah dicat biru muda 😦 https://brigade15.wordpress.com/

    Suka

  34. MAS BRO jdx boleh pa g’ qt nurunin sok depan ? dan apa efeknya klou memakai stang sport di motor vixion?

    Suka

    1. boleh aja bro,,,,yg penting ente nyaman di atas vixion

      Suka

  35. thanks boz atas tips nya. .
    py gua juga gt. .mau gua coba

    Suka

  36. tetep ae brooo…

    Suka

  37. gini maz browwsobb mau tanya
    stang udah gak ada suara cekluk, tapi stangnya di belokin rasanya berat amat, tanganku sakit terus nihh
    gmn solusinya browwsobb

    Suka

    1. kekencengan bro,,coba kendorin dikit aja

      Suka

  38. saya juga sama masalah nya sama oscar bro..
    mau belokin ke kiri atau ke kanan berat nya mintak ampun… jadi safety mengendara ga nyaman.. takut ntar kenapa2 di perjalanan..
    waktu tanya2 ke be-resmi .. kata nya komstir nya di ganti.. biasa lah bengkel resmi modus nya kayak gtu trus.. jadi solusi sama kayak yg di atas bro ??
    mkasih sebelum nya

    Suka

  39. mantap gan inpoh sangat berguna.. kebetulan vixy ane kemaren sempet hajar lobang gede langsung blag kmstirnya .. -_-

    Suka

  40. oke bro

    Suka

    1. bro, mau tanya. dirumah aq kan ada 2 motor, mx dgn vixi. sama2 rusak komstirnya.
      aq mau tnya yg untuk jupiter mx. ap kah sma memperbaikinya dgn motor vixi?

      Suka

  41. wah ini baru KEREN.

    Suka

  42. cukup jelas info ny bos, ntar saya terapkan , mkasih bos…

    Suka

  43. makasih berguna baget lngsung gw praktek’in . hasilnya …. sippp!

    Suka

  44. bost,shock breaker dpan qu kok ada bunyi sperti komstir oblak yaa setiap lewat jln yg gk rata,,yg bermasalah apanya,,???

    Suka

  45. g00d j0b masbr00

    Suka

  46. thanks bro infonya sangat membantu

    Suka

  47. punyaku baru ganti momstir baru 5 bulan udah oblak lagi..tadi dikencengin cuman yg tengah..apa yg penjepit shock jg harus dikendorin juga? bermanfaat nih…

    Suka

  48. segitiga yg bakal turun cuma segitiga atas kah bro?
    berarti segitiga pencengkram shock bagian bawah gak perlu dikendorin juga?
    berarti nantinya jarak antara segitiga atas dengan bawah akan jadi semakin pendek, karena cuma atas yg bakal turun, yg bawah tetap?
    betul begitu bro?

    Suka

  49. trima kasi inponya, tp ada yg mau saya tanyakan, lahar dan bos sobraker cepat kalah apasi sebabnya dan gimana caranya biar awet, trima kasi sebelumnya..

    Suka

  50. Mas bro motor vixi ane kalau ganti komstir yg ori brapa ya ‘

    Suka

  51. Aah mumpung ndue kuncine…
    Penasaran peengen coba…
    Mantaaaf ni sangat membantu bgi wong rodok goblok..
    Wkwkwk pisss

    Suka

  52. Thanks bro….mau coba jga ni…

    Suka

  53. Setelah baut 17 dikendorin trus baut komstir’y diputer ke kanan taw kekiri om. -̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶.

    Suka

  54. salam kenal om aku dari lampung ,komtir vixion ane baru ganti 4 hari udh oblak lagi ,harga komstirnya yg 80 an

    Suka

  55. Om . NVL ane skrg km. 11.600, smnggu yg lalu ane ngalamin masalah stir ny berat , jdi ane bwa ke ymaha service trus d longgarin. Eh slesai tuh d coba aman mas.keesokan harinya saat d bwa kejlan yg tdak rata serasa kendor komstir ny. Ituh knpa ya, ap krna tdak d longgarin dlu lbih dhulu L6 ny ya?

    Suka

  56. Komstir udh di kncengin dgn cara di atas,, tp suara ceklak ceklok di jln rusak masih ada… apa dr shock kali ya… butuh pencerahan

    Suka

  57. waaahhh.. ane pny komstir NVL oblak trs gan pertama ane prgi kebengkel buat kencengin 2 atau 3 minggu kemudian oblak lg, kencengin lg smpe bgtu trs ane gantilah 1 set komstir ane. tp anehnya msh tetep ky gtu gan.
    ap ada kemungkinan drat segi tiga ane yg kena smpe komstir ane kendor trs.?
    mohon wejangan nya gan…

    Suka

  58. Jika morkum pengikatny patah ada pengaruh negative sama stang gk brow..?

    Suka

  59. Arif Sunandar 4 Januari 2019 — 13:44

    Alhamdulillah ilmu baru, makasih gan👍

    Suka

bagaimana dengan tanggapan anda?